0 Maple 16 : Program Matematika

Madeon: Minggu, Juni 30, 2013
Category:
Author: Yudienamaku
Shareto:
Respond: 0 Comment

Apa sih Maple itu ? “Maple adalah suatu program interaktif yang mengintegrasikan kemampuan komputasi baik numerik ataupun simbolik, visualisasi (grafik) dan pemerograman”. Program Maple ini dapat dikatakan sangat canggih dan sangat membantu sekali dalam menyelesaikan soal matematika.  Mulai dari membuat persamaan, grafik, mencari nilai suatu fungsi dan masih banyak lagi itu merupakan kelebihan dari maple. Untuk mengetahui lanjutan tentang fungsi – fungsi dari software ini dilakukan dengan langsung praktik supaya bisa lebih mengerti apa kegunaan dari software Maple. Maple mempunyai banyak versi dan latest versionnya ( versi terbarunya ) kini sudah menginjak versi 17, tapi disini saya akan memberikan ilustrasi / demo dengan menggunakan Maple 16 yang bisa di jalankan di windows xp dan windows 7Untuk menjalankan Maple ada dua cara yang dapat digunakan yaitu :


- mengklik dua kali icon Maple pada desktop seperti gambar dibawah ini

- atau melalui tombol start pada window, masuk ke menu program dan klik submenu Maple.

Kalau sudah di launch, maka akan keluar Window Maple. Seperti pada gambar dibawah ini :

Workspace adalah daerah yang hampir menempati seluruh Maple window. Pada woekspace terdapat subwindows yang disebut worksheet, si mana Maple commands diketik dan hasilnya dapat dilihat.
Tulisan berwarna hitam merupakan input atau commands yang diketik dan tulisan berwarna biru merupakan output atau respon dari maple.

Contoh worksheet
Perhatikan baris pertama yang telah diketik pada worksheet. Baris tersebut memuat beberapa elemen penting dari sintaks Maple :
y := sin(2*x) + cos(2*x);
Simbol := menugaskan ekspresi sin(2*x) + cos(2*x) ke y. Pastikan simbol yang digunakan adalah := jangan = dan jangan pernah memberikan spasi diantara kedua simbol tersbut yaitu : = .
Perhatikan juga bahwa 2x harus ditulis 2*x seperti pada kalkulator.
Suatu perintah harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) atau colon (:) untuk menunjukkan Maple di mana ekspresi atau input telah berakhir. Maple membutuhkan hal ini karena ekspresi yang panjang dapat ditulis dalam beberapa baris. Bila suatu ekspresi diakhiri dengan semicolon maka Maple akan menunjukkan hasil evaluasi, sementara tanda colon meminta Maple untuk tidak menunjukkan hasil evaluasi ( lihat contoh nomor 1 ).Sembarang baris atau bagian baris yang diawali dengan tanda # dianggap sebagai komentar. Komentar akan diabaikan dalam suatu proses. Karena komentar bukan duatu pernyataan, maka tidak perlu diberi akhiran
#Pada contoh digunakan Maple 16 sehingga tanda (*) ditampilkan sebagai titik (.) tetapi pada operasi tetap menggunakan tanda (*).
Seperti yang terlihat pada contoh diatas, Maple dapat digunakan untuk mengevaluasi ekspresi aritmetika : +,-,* dan / masing – masing untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ekspresi aritmetika dievaluasi dengan aturan standar, sehingga
Beberapa operator lain seperti perpangkatan menggunakan ^ atau **  (2^3 atau 2**3 menghasilkan nilai 8), abs(..) untuk menghitung nilai mutlak (abs(-3)memberikan nilai 3), dan ! untuk menghitung faktorial (4!adalah 24). Salah satu aspek dalam Maple yang sangat berguna adalah dapat membedakan nilai rasional dan floasting point.


Comments
Next Prev home

Followers