0 Bagaimana kualitas Pesantren saat ini

Madeon: Jumat, Juli 26, 2013
Category:
Author: Yudienamaku
Shareto:
Respond: 0 Comment

Bulan ini merupakan bulan penuh berkah yang mana para umat muslim di seluruh penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Bertepatan dengan datangnya bulan suci ramadhan ini saya akan mencoba menampilkan tulisan yang saya harap menjadi manfaat bagi siapapun yang membaca nantinya. Kali ini saya akan mencoba untuk mengulas tentang pesantren.
Bagi anda umat islam tentu mengenal yang namanya pesantren. Apa itu pesantren ? pesantren adalah singkatan kata yang terdiri dari kata “pesan” dan “tren”. Jelas itu bukan yang dimaksud dengan pesantren. Pesantren merupakan tempat atau wadah dimana kaum muslim menuntut ilmu agama agar menjadi pribadi yang lebih religius. Pada umumnya orang-orang yang menuntut ilmu di pesantren moyoritas adalah anak-anak sampai remaja meskipun sebenarnya tidak ada batasan usia. Untuk bagian putra/laki-laki biasanya disebut santriwan, sedangkan bagi putri/perempuan disebut santriwati.
Sekarang ini, pesantren tidak hanya memprioritaskan kepada ilmu-ilmu agama saja namun juga ada mata pelajaran umum seperti pada lembaga pendidikan reguler. Hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan komposisi intelektual, dalam pembentukan insan yang baik dan religius di samping itu juga agar para pentuntut ilmunya dapat bradaptasi dan bersaing seiring perkembangan zaman yang semakin serba praktis.
Di sini saya ambil contoh pesantren dari tempat kediaman saya sendiri yaitu Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo yang merupakan Pondok Pesantren ternama di Kota Situbondo selain Pondok Pesantren Walisongo. Nah, sepertinya yang menjadi masalah saat ini adalah “apakah sama kualitas santri sekarang ini dengan yang dulu ?”. menurut respon saya bahwa pendidikan yang ada di pesantren jaman dulu lebih baik daripada jaman sekarang. Bisa kita lihat mayoritas penuntut ilmu di pesantren yang notabennya adalah anak muda, masih saja juga melakukan sesuatu hal yang jelas kurang benar dalam agama Islam ( maaf bukannya saya sok suci ).
Comments
Next Prev home

Followers