0 Cara Partisi Hardisk Dengan EASUS Partition Master

Madeon: Senin, Februari 17, 2014
Category:
Author: Yudienamaku
Shareto:
Respond: 0 Comment

Partisi dapat dilakukan pada hard disk internal yang sudah terinstall sistem, maupun hard disk eksternal yang terdapat data didalamnya.
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah download Easus Partition Master, kemudian install software tersebut pada komputer kamu. Setelah proses instalasi selesai, jalankan software Easus Partition Master.


Selanjutnya, klik “Go to main screen”


Klik pada disk yang akan dipartisi (pada gambar Disk 3). Hati-hati jangan salah menentukan hard disk yang akan dipartisi, kemudian klik “Create partition”. Berikut ini contoh membagi hard disk menjadi 3 partisi, dengan atribut partisi pertama sebagai berikut :


Klik “OK”, akan muncul tampilan berikut:


Partisi pertama dengan nama “Data1” dan kapasistas sebesar 83,66GB. “Resize/Move Partition” dapat digunakan jika ingin mengubah kapasitas partisi pertama, atau menghapus partisi. “undo” digunakan jika ingin membatalkan proses partisi sebelumnya.
Partisi kedua dibuat dengan meng-klik “Unallocated” dari disk3, kemudian klik “Create Partition” kembali. Tentukan alokasi kapasistas partisi kedua, seperti pada atribut di bawah ini :


Jika sudah selesai, klik “OK”. Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:


Sekarang sudah ada 2 partisi. Lakukan langkah yang sama pada pembuatan partisi pertama dan kedua, untuk membuat partisi yang ketiga. Berikut tampilan lengkap 3 partisi Data1, Data2, dan Data3 yang akan dibuat.
Pada kolom pending operation, adalah operasi yang akan dilakukan pada hardisk. Proses partisi belum selesai jika partisi belum diterapkan pada Hardisk. Jika sudah yakin dengan pembagian partisi yang telah ditentukan, proses partisi dapat diterapkan dengan cara klik “Apply”. Proses berlangsung seperti tampilan berikut :


Klik Yes, Tampilan proses sebagai berikut:


Klik “OK”. Sekarang kamu sudah memiliki hardisk external dengan 3 partisi.
Fitur lain seperti “Delete Partition” digunakan untuk menghapus partisi, “Merge” digunakan untuk menggabungkan dua partisi menjadi satu partisi, “Format partition” digunakan untuk format partisi.
Bagi pemula, ada baiknya kamu meminta binbingan dari yang lebih berpengalaman atau jika kamu ingin mencoba sendiri, lebih baik backup dulu data kamu untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan ketika melakukan partisi.Kesalahan melakukan partisi dapat menyebabkan data terhapus atau partisi yang ada jadi hilang.


*sumber: jalantikus
Comments
Next Prev home

Followers